Potret Pendidikan Umum di Pondok Modern Darussalam Gontor
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara Pendidikan Umum dan Pendidikan Islam berbasis pesantren yang berada di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Fokus kajian tertuju pada manajemen Kurikulum yang ada di pondok Modern Darussalam Gontor, Pendidikan dan Pengajaran serta nilai-nilai falsafah kehidupan di Pondok Pesantren. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil menunjukkan bahwa Pendidikan umum di Pondok Modern Darussalam Gontor bersifat komprehensif dan mengintegrasikan berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pondok Modern Darussalam Gontor tidak mengikuti kurikulum pemerintah dan memiliki kurikulum sendiri yang fokus pada pembentukan karakter, kecakapan mental, dan kemampuan bahasa. Sehingga dari sini dapat dipahami bahwa pondok pesantren secara institusi atau kelembagaan dikembangkan untuk mengefektifkan dampaknya, pondok pesantren bukan saja sebagai tempat belajar melainkan merupakan proses hidup itu sendiri, pembentukan watak dan pengembangan sumber daya.
Copyright (c) 2025 Indah Rahma Sintia. AM, Ubadah Ubadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.