Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Ajaran Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Latar belakang penelitian ini adalah dominannya metode ceramah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bersifat satu arah dan minim partisipasi aktif siswa. Padahal, dalam pembelajaran yang ideal, siswa perlu dilibatkan secara aktif agar proses belajar menjadi kontekstual dan bermakna. Metode diskusi dipandang sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif karena mendorong interaksi dua arah, berpikir kritis, dan pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dari berbagai sumber relevan seperti buku, jurnal, dan dokumen pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode diskusi tidak hanya mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, tetapi juga melatih berpikir analitis, menanamkan nilai-nilai demokrasi dan toleransi, serta membentuk pemahaman kontekstual yang aplikatif. Meskipun demikian, terdapat beberapa keterbatasan seperti kebutuhan akan keterampilan guru yang tinggi, kesenjangan partisipasi siswa, risiko penyimpangan topik, keterbatasan waktu, serta tantangan dalam evaluasi. Oleh karena itu, penerapan metode diskusi perlu dirancang secara matang dan disesuaikan dengan nilai-nilai Islam untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan transformatif.
Copyright (c) 2025 A. Moh. Ickhamal Suryadinata, Andi Anirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.