Dampak Sosial Penggunaan AI terhadap Adab Islam Anak Sekolah di Indonesia
Abstract
Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah memengaruhi berbagai aspek pendidikan, termasuk dalam pembentukan karakter Islami (adab) siswa sekolah dasar. Artikel ini bertujuan mengkaji dampak sosial penggunaan AI terhadap adab Islam siswa melalui pendekatan studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI memberikan manfaat seperti personalisasi pembelajaran, penguatan motivasi belajar, dan efisiensi evaluasi. Namun, penggunaan tanpa pengawasan dapat menimbulkan risiko berupa penurunan kemampuan berpikir kritis, ketergantungan teknologi, dan degradasi nilai kejujuran serta interaksi sosial. Dalam konteks pendidikan Islam, guru, orang tua, dan institusi sekolah memiliki peran strategis dalam mengarahkan pemanfaatan AI agar tetap selaras dengan nilai-nilai adab. Integrasi kurikulum berbasis etika digital Islami dan prinsip maqāṣid al-sharī‘ah menjadi langkah penting untuk menjadikan AI sebagai sarana pembelajaran yang etis, religius, dan berkarakter.
Copyright (c) 2025 Irma Susanti S. Rasyid, Ubadah Ubadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.