Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Islam untuk Mendorong Transformasi Kajian Keislaman yang Progresif dan Berbasis Nilai-Nilai Humanisme

  • Nurafni Difa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Askar Askar Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kecerdasan Buatan AI, Pendidikan Islam, Transformasi Kajian Islam

Abstract

Integrasi kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) dalam pendidikan Islam merupakan respons strategis terhadap tantangan zaman digital yang menuntut pembaruan dalam metode, pendekatan, dan substansi kajian keislaman. Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana AI dapat mendorong transformasi kajian keislaman ke arah yang lebih progresif yakni terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, kritis terhadap realitas sosial, responsif terhadap problematika umat, serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai humanisme Islam seperti keadilan, empati, dan penghormatan terhadap martabat manusia. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka yang mengacu pada literatur-literatur yang berkaitan dengan integrasi kecerdasan buatan dalam pendidikan islam. Dengan pemanfaatan teknologi seperti Natural Language Processing (NLP), analisis big data, dan pembelajaran adaptif, pendidikan Islam dapat menjembatani antara tradisi keilmuan klasik dan kebutuhan kontemporer, sehingga mendorong terciptanya sistem pembelajaran yang lebih inklusif, kontekstual, dan berbasis nilai. Artikel ini menegaskan bahwa keberhasilan integrasi AI dalam pendidikan Islam sangat bergantung pada literasi digital, etika pemanfaatan teknologi, dan pemahaman mendalam terhadap maqāṣid al-syarī‘ah sebagai prinsip dasar pengembangan sistem yang tidak hanya cerdas secara teknologi, tetapi juga beradab secara moral dan spiritual.

Published
2025-07-31