Pemanfaatan AI Dalam Pendidikan Agama Islam: Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Andi Anirah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kecerdasan buatan Pendidikan Agama Islam Evektifitas Pembelajaran

Abstract

Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI), menjadi terobosan penting dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran di era digital. AI memberikan peluang baru untuk menciptakan pengalaman belajar yang personal, interaktif, dan berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi dan model integrasi AI dalam pembelajaran PAI serta tantangan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka, mengkaji literatur akademik terkait AI dan pendidikan agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI melalui personalisasi materi, penggunaan chatbot pembelajaran, simulasi visualisasi ajaran Islam, serta sistem evaluasi otomatis. Selain itu, AI juga membantu guru dalam menganalisis perkembangan siswa dan merancang pembelajaran yang lebih efektif. Namun demikian, penerapan AI dalam pendidikan agama memerlukan perhatian terhadap aspek etika, nilai-nilai spiritual, serta perlindungan data siswa. Terdapat pula tantangan dalam hal infrastruktur dan potensi kesalahpahaman terhadap konten keagamaan jika tidak diawasi secara tepat. Kesimpulannya, AI memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran PAI secara lebih efektif, interaktif, dan adaptif. Namun, pemanfaatannya harus disertai dengan kebijakan dan pendekatan yang bijak agar selaras dengan nilai-nilai Islam serta tidak mengurangi peran penting guru dalam pendidikan agama.

Published
2025-07-31