Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pembelajaran Pai Di Era Digital
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai sarana komunikasi kini berkembang menjadi media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana optimalisasi media sosial dapat dijadikan strategi pembelajaran PAI di era digital. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses terhadap sumber ajar, dan memfasilitasi interaksi aktif antara guru dan peserta didik. Namun, diperlukan literasi digital dan pengawasan konten agar pemanfaatannya tetap dalam koridor nilai-nilai Islam. Kajian ini memberikan rekomendasi strategi optimal dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI secara kontekstual dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Copyright (c) 2025 Dandi Dandi, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.