Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pembelajaran Pai Di Era Digital

  • Dandi Dandi Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Nurdin Nurdin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Media Sosial, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Era Digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai sarana komunikasi kini berkembang menjadi media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana optimalisasi media sosial dapat dijadikan strategi pembelajaran PAI di era digital. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses terhadap sumber ajar, dan memfasilitasi interaksi aktif antara guru dan peserta didik. Namun, diperlukan literasi digital dan pengawasan konten agar pemanfaatannya tetap dalam koridor nilai-nilai Islam. Kajian ini memberikan rekomendasi strategi optimal dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI secara kontekstual dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Published
2025-07-31