Dampak Penggunaan AI Terhadap Kemampuan Tingkat Berpikir Peserta Didik
Abstract
Revolusi Industri 5.0 telah mengubah cara manusia hidup dan bekerja melalui integrasi teknologi cerdas seperti Artificial Intelligence dan Internet of Things. AI yang dikembangkan untuk meniru proses berpikir manusia, kini memainkan peran strategis dalam dunia pendidikan termasuk dalam Pendidikan Agama Islam. AI menawarkan manfaat seperti personalisasi pembelajaran dan media pembelajaran interaktif yang inovatif. Berkenaan dengan hal tersebut, uraian dalam artikel ini berangkat dari masalah bagaimana dampak penggunaan AI terhadap kemampuan tingkat berpikir peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. AI merupakan suatu disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan kognitif yang meniru fungsi otak manusia. Artinya AI bertujuan untuk menciptakan sistem yang mampu berpikir dan bertindak layaknya manusia. Penggunaan AI dalam pendidikan memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. AI mempermudah akses informasi secara cepat dan luas, sehingga peserta didik dapat mencari, membandingkan, dan mengevaluasi informasi dengan lebih aktif. Hal ini mendorong perkembangan kemampuan berpikir analitis dan kritis. Namun, penggunaan AI juga memiliki dampak negatif. Ketergantungan berlebihan dapat melemahkan kemampuan berpikir mandiri dan menjadikan peserta didik pasif. Kualitas informasi dari AI tidak selalu akurat. Kesimpulan yang diperoleh bahwa penggunaan AI dalam pendidikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui akses informasi yang cepat dan pembelajaran yang personal. Namun, jika digunakan secara berlebihan AI dapat menurunkan kemandirian berpikir, mengurangi interaksi sosial, dan menyebarkan informasi yang tidak selalu akurat. Oleh karena itu, AI perlu dimanfaatkan secara bijak dan terarah.
Copyright (c) 2025 Allifia Sri Cahyani, Allifia Sri Cahyani, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.