Penggunaan AI dalam Pendidikan: Sebuah Kemajuan atau Kemerosotan Berpikir?
Abstract
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin banyak digunakan dalam dunia pendidikan, mulai dari sistem pembelajaran adaptif, chatbot pembimbing akademik, hingga penilaian otomatis. Meskipun AI membawa efisiensi dan aksesibilitas yang lebih tinggi dalam proses belajar-mengajar, muncul kekhawatiran bahwa ketergantungan pada AI dapat melemahkan daya berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian intelektual peserta didik. Artikel ini membahas secara kritis penggunaan AI dalam pendidikan, mengkaji manfaat serta potensi dampaknya terhadap kualitas berpikir siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan studi literatur dan analisis reflektif sebagai metode utama. Hasil menunjukkan bahwa AI berpotensi menjadi alat bantu pendidikan yang kuat, namun harus diimbangi dengan strategi pedagogis yang mendorong pemikiran kritis dan reflektif agar tidak menjadi bumerang bagi perkembangan intelektual generasi mendatang.
Copyright (c) 2025 Nasrul Nasrul, Fatimah Saguni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.