Transformasi Digital Pendidikan Agama Islam: Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam Di Era 4.0

  • Nurul Annisa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Ahmad Syahid Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Ubadah Ubadah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Transformasi Digital, Pendidikan Agama Islam, Teknologi, Era 4.0, Pembelajaran

Abstract

Artikel ini mengulas pengaruh teknologi terhadap pendidikan agama Islam serta bagaimana pemanfaatan teknologi dapat memperdalam pemahaman keagamaan dan meminimalkan risiko yang mungkin ditimbulkannya. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah membawa berbagai perubahan signifikan, termasuk dalam sektor pendidikan yang kini mengenal konsep e-learning. Tujuan dari pendidikan agama Islam adalah membentuk pribadi yang religius melalui pendekatan yang bijak dan pengembangan sikap afektif. Di era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan dituntut untuk bertransformasi dengan menggabungkan kompetensi abad ke-21 dan pemanfaatan teknologi digital. Penerapan TIK dalam sistem pendidikan di madrasah turut berkontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah proses dakwah. Salah satu dampak dari integrasi ini adalah percepatan peningkatan literasi komputer di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodolgi literatur research (kajian Pustaka). Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi digital memberikan peluang besar dalam memperluas akses pembelajaran, meningkatkan interaktivitas, serta mendukung pembentukan karakter religius peserta didik secara lebih fleksibel dan kontekstual.

Published
2025-07-30