Penggunaan ChatGPT Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Nilai Etika Akademik Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam di UIN Datokarama Palu

  • Wiwi Yuniarti Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Sidik Sidik Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kemampuan Kognitif, Mahasiswa Magister, Nilai Etika Akademik, Pendidikan Agama Islam, Penggunaan ChatGPT.

Abstract

Kemajuan teknologi di era digital telah menghadirkan kecerdasan buatan seperti ChatGPT yang berdampak signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya dalam peningkatan kemampuan kognitif dan etika akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan kognitif dan nilai-nilai etika akademik mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam di UIN Datokarama Palu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap lima orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa terbantu dengan keberadaan ChatGPT dalam memahami materi, menyelesaikan tugas, mengembangkan soft skill, dan mengurangi plagiarisme. Namun, beberapa mahasiswa juga mengakui adanya risiko ketergantungan, penggunaan instan tanpa pemahaman mendalam, serta potensi pelanggaran etika akademik seperti kurangnya kejujuran dan tanggung jawab. Pembahasan menyoroti bahwa penggunaan ChatGPT seharusnya menjadi sarana pendukung yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan pemahaman ilmiah, bukan sebagai alat untuk menggantikan usaha belajar. Prinsip etika akademik seperti integritas, kejujuran, kebebasan akademik, kreativitas, dan tanggung jawab perlu diinternalisasi dan diimplementasikan dalam penggunaan AI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ChatGPT berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran jika digunakan secara bijak dan etis. Mahasiswa harus mampu memadukan teknologi dengan nilai-nilai Islam agar tercipta proses pembelajaran yang berkualitas, bermakna, dan berakhlak mulia

Published
2025-07-30