Upaya Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Peserta Didik Di Sman 3 Palu

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Hamlan Hamlan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Mohammad Djamil M Nur Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Guru PAI, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Peserta Didik

Abstract

Tesis ini membahas tentang Upaya Guru PAI dalam Mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMAN 3 Palu. Adapun yang menjadi latar permasalahan, 1. Bagaimana upaya guru PAI dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di SMAN 3 Palu, 2. Apa saja metode yang digunakan oleh guru PAI dalam mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di SMAN 3 Palu, 3. Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di SMAN 3 Palu.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data agar data yang diperoleh terjamin kevaliditas dan kreabilitasnya maka dilakukan dengan pengecekan keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMAN 3 Palu yaitu dengan mengajarkan kepada peserta didik tentang bagaimana pentingnya menghargai perbedaan dan keyakinan orang lain, selain itu pendidik harus bersifat terbuka kepada peserta didik agar peserta didik tidak merasa dibeda-bedakan.

Implikasi penelitian yaitu menunjukan bahwa upaya guru PAI dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dapat membantu dan mengembangkan sikap moderasi beragama di kalangan peserta didik. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang bersifat inklusif dan menghormati perbedaan peserta didik akan lebih cenderung untuk menunjukkan sikap yang moderasi dalam menjalankan keyakinan agama mereka

Published
2025-07-30