Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Palu
Abstract
Pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan suatu model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik, terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam mengaktifkan peserta didik, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, peserta didik yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe, salah satunya yakni tipe Jigsaw. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa diharapkan dapat saling membantu dalam menyelesaikan masalah ataupun tugas yang diberikan oleh guru.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Implementasi metode jigsaw yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Palu yaitu guru Pendidikan Agama Islam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan sesama peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas dan menekankan peserta didik untuk dapat berinteraksi, berbagi informasi dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dalam proses belajar mengajar tidak terjadi jarak antar sesama peserta didik. Adapun tahapan pengimplementasian metode jigsaw di SMAN 4 Palu pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu Tahapan orientasi, Pengelompokan, Penilaian dan evaluasi, serta Pemberian penghargaan kelompok. 2). pengimplementasian metode jigsaw dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Palu telah efektif dilakukan. Keberhasilan dalam penggunaan metode jigsaw ini merupakan bukti bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terlaksana dengan baik dengan membentuk kelompok ahli dan bekerjasama secara kooperatif. Sehingga hasil belajar yang dicapai dengan metode jigsaw ini dapat menjadikan hasil yang paling baik jika dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi
Copyright (c) 2025 Rizki Rivaldi , Adawiyah Pettalongi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.