Islam dan Teknologi : Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Digital Menggunakan Tablet di SD Islam Cahaya Khalifah Palu
Abstract
Perubahan zaman menuntut adanya inovasi dalam metode pendidikan, termasuk dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu wujud inovasi dalam pembelajaran PAI yang memanfaatkan teknologi tablet dalam pembelajaran. Tujuan pemanfaatan tablet ini bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif serta relevansi terhadap generasi digital alpha yang tumbuh di tengah perkembangan dunia digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Cahaya Khalifah Palu sebuah sekolah yang dikenal telah mengintegrasikan teknologi tablet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan Subjek Penelitian di antaranya, Guru PAI, Kepala Sekolah, Pengelola Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan. Dalam Teknik Pengumpulan Data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. kemudian dalam teknik analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan: yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa inovasi pembelajaran PAI berbasis digital menggunakan tablet di SD Islam Cahaya Khalifah Palu diterapkan untuk responsif terhadap kebutuhan akademik dan tuntutan zaman, digitalisasi sebagai jembatan antara kurikulum dan dunia digital siswa, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam setiap konten pembelajaran berbasis digital. Digitalisasi tidak hanya sekadar mengikuti arus perkembangan teknologi, namun didorong oleh kebutuhan nyata untuk menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, relevan, dan mudah dipahami oleh siswa generasi digital (Generasi Alpha). Dalam pembelajaran PAI pengintegrasian digital tidak hanya berorientasi pada capaian kognitif, tetapi juga spiritual dan karakter siswa. Melalui konten digital yang berbasis nilai-nilai Islam, siswa tidak hanya memahami ajaran secara teoritis, tetapi juga termotivasi untuk mengamalkannya dalam kehidupan nyata.
Copyright (c) 2025 Haryono Idi, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.