Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Pendidikan Islam Humanis di PAUD
Abstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka peluang besar dalam dunia pendidikan, termasuk pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Artikel ini bertujuan mengkaji peran kecerdasan buatan sebagai inovasi dalam pendidikan Islam yang humanis di lingkungan PAUD. Pendekatan kajian literatur digunakan untuk menggali konsep AI, nilai-nilai pendidikan Islam yang sesuai untuk anak usia dini, serta bagaimana teknologi dapat menunjang pendidikan yang progresif dan berpusat pada nilai-nilai kasih sayang, toleransi, dan akhlak mulia. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI dapat dimanfaatkan sebagai media interaktif yang mendukung penyampaian nilai-nilai Islam secara menyenangkan dan kontekstual, meskipun tetap memerlukan pengawasan dan pendekatan etis agar tidak menggantikan peran pendidik secara utuh.
Copyright (c) 2025 Nur Fhatila Dini, Erniati Erniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.