Transformasi Kajian Islam di Era Digital: Peran Kecerdasan Buatan dalam Mendorong Pendidikan Islam yang Progresif dan Humanis

  • Jumri Hi. Tahang Basire Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Nurdin Nurdin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kecerdasan Buatan, Pendidikan Islam, Era Digital, Kajian Islam Progresif, Humanisme Islam

Abstract

Era digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam ranah kajian keislaman. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang mulai memainkan peran strategis dalam pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana AI dapat berkontribusi terhadap transformasi kajian Islam yang lebih progresif dan humanis. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif dan kajian pustaka, artikel ini menelaah integrasi AI dalam pengembangan materi, metode, dan strategi pendidikan Islam yang berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan dan keberlanjutan. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI, jika digunakan secara etis dan berlandaskan nilai-nilai Islam, dapat memperluas akses terhadap ilmu, mempercepat pembelajaran, serta menghadirkan analisis tafsir dan fikih yang lebih kontekstual. Artikel ini merekomendasikan kolaborasi antara pakar pendidikan Islam dan pengembang teknologi untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang transformatif dan inklusif.

Published
2025-07-25