Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palu
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Palu dengan hal tersebut, maka uraian tesis ini berangkat dari permasalahan. Pertama, Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan multikultural yang diterapkan ke dalam pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti. Kedua, Bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran agama Islam dan budi pekerti. Ketiga, Bagaimana dampak integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitan mengenai integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penulis memilih menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini, dengan memanfaatkan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, bentuk nilai-nilai pendidikan multikultural yang diterapkan dalam proses integrasi dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti delapan nilai yang diintegrasikan di SMA Negeri 3 Palu yaitu nilai inklusif, nilai humanis, nilai toleransi, nilai keadilan, nilai tolong menolong, nilai persaudaraan, nilai demokrasi dan nilai tanggung jawab. Kedua, pelaksanaan integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Ketiga, Dampak integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti hasil penelitian menunjukkan bahwa seperti nilai toleransi, saling menghargai dan keadilan memberikan pengaruh positif terhadap perilaku peserta didik. Peserta didik menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan, menunjukkan sikap saling menghormati dan mampu menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti mampu membentuk lingkungan belajar yang inklusif, memperkuat sikap toleransi, dan menciptakan hubungan yang harmonis antar peserta didik dari latar belakang yang berbeda.
Copyright (c) 2025 Nurul Febrianti, Andi Anirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.