Pendidikan Moral dan Sosial Dalam Islam: Perspektif Hadits Ke-9 Arba’in Nawawi
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pendidikan moral dan sosial dalam Islam jika dilihat menggunakan perspektif hadits ke-9 arba’in nawawi. Penelitian ini adalah kajian literatur dengan menggunakan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Data primer menggunakan kitab syarah arba’in nawawi dan data sekunder menggunakan penelitian terdahulu dari beberapa artikel. Teknik pengumpulan data melalui literatur; kitab kuning dan searching; google schooler terkait jurnal dengan scope pendidikan keislaman. Hasil telah menunjukkan bahwa pendidikan moral dan pendidikan sosial dalam Islam jika dilihat dengan menggunakan kacamata hadits ke-9 arba’in nawawi maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral dapat diperoleh oleh peserta didik dengan cara mematuhi segala perintah sang guru sebagai tokoh utama dalam pengembangan dan pembentukan karakter peserta didik. Sedangkan pendidikan sosial dapat diperoleh oleh peserta didik dengan cara menjauhi larangan-larangan yang tertera pada tata tertib sekolah. Dengan mematuhi perintah guru dan menjauhi segala larangan yang telah dibuat sedemikian rupa oleh pihak sekolah, secara tidak langsung peserta didik telah dilatih moral dan sosialnya sebagai cikal bakal lahirnya pelajar yang disiplin.
Copyright (c) 2025 Moch. Irsyad Ariefin, Kamaruddin Kamaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.