Kecerdasan Buatan dan Transformasi Studi Islam: Membangun Paradigma Baru dalam Pemberdayaan Umat
Abstract
Artikel ini membahas potensi dan tantangan penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam studi Islam di Indonesia. Dengan meningkatnya akses internet, AI dapat meningkatkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan adaptif, membantu umat Islam dalam memahami ajaran agama. Meskipun AI menawarkan berbagai manfaat, tantangan seperti kesenjangan digital dan masalah etika tetap menjadi perhatian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi penerapan AI di institusi pendidikan Islam dan menemukan solusi inovatif untuk pemberdayaan umat. Temuan menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan aksesibilitas informasi keagamaan dan memperkuat komunitas melalui platform digital. Namun, penting untuk memastikan bahwa penerapan teknologi ini sejalan dengan prinsip-prinsip etika Islam. Dengan demikian, artikel ini menyoroti pentingnya penelitian berkelanjutan untuk memanfaatkan AI dalam konteks keagamaan secara bijaksana.
Copyright (c) 2025 Wahida Mursalim, Askar Askar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.