Peran Dosen Dalam Membangun Kompetensi Profesional Kepada Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) Di Lingkungan Stai Morowali

  • Reswin Mustapa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Morowali
  • Mohamad Subli Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Morowali
  • Alwi Alwi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Morowali
  • Abdullah Alatas Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Morowali
  • Erna Asri Mauliah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Morowali
Keywords: Peran Dosen, Kompetensi Profesional, Mahasiswa, Hukum Keluarga Islam

Abstract

Peran dosen sangat penting dalam pembentukan kompetensi profesional mahasiswa, terutama pada program studi khusus seperti Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyah). Artikel ini membahas bagaimana dosen STAI Morowali berkontribusi dalam membangun kompetensi profesional mahasiswa Hukum Keluarga Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi literatur dari sumber-sumber akademik dan peraturan terait. Hasil kajian menunjukkan bahwa dosen memiliki berbagai peran, mulai dari pengajar di kelas, pembimbing akademik, fasilitator praktik lapangan, hingga peneliti, yang kesemuanya diarahkan untuk memaksimalkan kompetensi profesional mahasiswa.

Dalam konteks STAI Morowali yang baru berdiri (2022), dosen berupaya memenuhi standar kualitas melalui program-program akreditasi, kurikulum berbasis capaian pembelajaran, dan kerja sama institusional (misalnya magang di pengadilan agama). Pembelajaran Hukum Keluarga Islam menuntut metode interaktif seperti studi kasus, simulasi, dan diskusi kelompok untuk mengasah kemampuan analisis dan penerapan norma hukum keluarga. Oleh karena itu, dosen harus memiliki kualifikasi dan sikap profesional tinggi untuk membimbing mahasiswa mencapai profil lulusan yang diharapkan. Sebagai kesimpulan, dosen STAI Morowali perlu terus meningkatkan kompetensi keilmuan dan pedagogiknya serta menjalin sinergi dengan institusi hukum untuk memastikan lulusan HKI berkualitas. Saran disampaikan mengenai penguatan pelatihan dosen dan peningkatan kurikulum agar lulusan siap menghadapi tantangan profesional.

Published
2025-07-21