Integrasi Ilmu dan Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan instrument penting dalam pembentukan karakter generasinya, yang sepenuh hati melaksanakan perintah Allah Subehana Wata’allah, dan memiliki sikap terbuka dan menerimah keberadaan dengan berbagai perbedaan, baik dari segi suku, agama, bahasa dan adat istiadat lain yang ada di lingkungannya. Indonesia dengan kependudukan yang berbeda-beda suku, agama, budaya dan bahasanya, sangat berpotensi akan isu sara’ yang akan mengakibatkan konflik masyarakat heterogen. Sebab itu salah satu upaya pencegahan adalah dengan menanamkan nilai-nilai pada generasi, salah satunya ialah pengintegrasian ilmu pendidikan agama Islam dengan ilmu umum lainnya, agar tercipta moderasi beragama diantara generasi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan, dengan kajian-kajian yang bersumber dari buku, jurnal dan website resmi lainnya. Dengan adanya pengintegrasian pendidikan agama Islam tersebut, juga diharapkan akan menciptakan peserta didik yang kritis, inovatif dan mampu menjadi solusi bagi permasahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Utamanya dapat memberikan paradigma keberagaman yang ada dilingkungannya, dengan menghargai perbedaan, baik secara kultur, kepercayaan dan ekonomi. Sebab dalam konsep pendidikan Islam sendiri, upaya transformasi nila-nilai sesuai dengan ajaran Islam, memiliki keniscayaan dalam setiap ciptaan-Nya (Allah Subehana Wata’allah), karakter religius serta sandaran untuk berakhlak. Pendidikan agama Islam dapat menuntun seseorang dalam pencapaian hakikat hidup , yakni bahagia dunia dan bahagia akhiraat.
Copyright (c) 2024 Yusuf Sagoba, Hamlan Hamlan, Adawiyah Pettalongi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.