Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu

  • Fatimah Fatimah
  • Ahmad Syahid
  • Mohammad Djamil M. Nur

Abstract

Penggunaan media pembelajaran, dapat membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih, memberikan rangsangan psikologis sehingga memotivasi dan menarik minat peserta didik dalam mendalami pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan mental disiplin peserta didik dalam proses belajar, khususnya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media youtube dalam bentuk video terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Unit analisis pada penelitian ini adalah  MTs Muhammadiyah Al Haq Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata Pelajaran Sejarah Kebuyaan Islam. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus komite, orang tua/wali, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Muhammadiyah Al -Haq Palu yang meliputi: Persiapan mengajar yaitu guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, menyiapkan link youtube, sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran. Proses pembelajaran pada kegiatan inti yaitu: guru menayangkan vidio youtube untuk diamati dan mendiskusikan kemudian dipresentasikan dan didialogkan. Faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana serta adanya ruangan khusus dalam pembelajaran menggunakan video adapun faktor penghambatnya yaitu jaringan internet yang kurang baik.

Published
2024-06-10