Integrasi Konsep Keilmuan Teknik dalam Pendidikan Islam
Abstract
Ilmu keteknikan mencakup berbagai bidang pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan perancangan, pembuatan, dan penggunaan alat, mesin, struktur, sistem, dan proses. Pentingnya integrasi keilmuan bidang keteknikan dengan pendidikan Islam lebih dititikberatkan terutama pada bidang etika dan moralitasnya. Islam sangat menjunjung tinggi adab dalam bermuamalah, terutama pada sisi kejujuran dan tanggung jawab serta bagaimana segala sesuatu berpijak pada segala hal yang disandarkan pada nilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah bahwa sebagai manusia kita bukan hanya dibekali dengn konsep intelektual dalam memahami segala konsep dan kaidah dalam pembelajaran Islam, tetapi juga bagaimana dalam setiap aspeknya baik dari segi implementasi maupun dari sisi moralitas dan keyakinan atas menjunjung tingi nilai-nilai dala pendidikan Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah deskriptif kualitatif dengan banyak melakukan wawancara dan terjun langsung ke lapangan pada proyek-proyek teknik, seperti pembangunan gedung infrastrukutur, jalan raya, dan sebagainya.
Dalam kurikulum ilmu teknik penting dimasukkan nilai pendidikan Islam dalam kaitannya mengintegrasikan kondisi pembelajaran. Dengan adanya penetapan dalam kurikulum maupun silabusnya, diharapkan para stakeholder yang berperan dalam pelaksanaan proyek konstruksi dan yang lainnya dapat menerapkan karakter berjiwa islami.
Copyright (c) 2024 Olvianty Olvianty, Sagaf S. Pettalongi, Kamaruddin Kamaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.