Membentuk Etos Moderasi Gen-z yang Meminimalisir Praktik Bullying dalam Konteks Pendidikan (Pendekatan Surah Al- Baqarah 143)
Abstract
Lembaga pendidikan sangat cerperan penting terhadap pembentukan karakter siswa, baik secara spiritual, pengendalian diri, ahlak dan juga kepribadian yang baik. Namun praktik Bullying di kalangan siswa dapat merusak kerukunan, keharmonisan dan menganggu kualitas ajaran agama. Pendekatan yang bisa digunakan untuk mencegah dan meminimalisir perilaku bullying adalah dengan konsep moderasi beragama. Hal ini relevan dalam konteks pencegahan bullying atau perilaku merugikan orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian pendekatan kualitatif bisa dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, maupun gabungan ketiganya. Peneliti menggunakan gabungan ketiganya, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan untuk menghindari perilaku bullying umat islam meneladi Rasulullah SAW, Rasul meneladai Al-Quran. Aisya ra. Pernah berkata, bahwa akhlak Rasul itu adalah Al- Qur’an. Pernyataan Aisya itu benar, karena memang pribadi Rasul itu merupakan interpretasi dari Al- Qur’an secara nyata, tidak hanya cara beribadah, cara kehidupan sehari-harinyapun kebanyakan merupakan contoh tentang cara kehidupan islam.
Copyright (c) 2024 Tazkia Aulia Akbar, Muhamad Syarif Hasyim, Suhri Hanafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.