Upaya Penerapan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Sigi

  • Cayati Nur Nafia
  • Gusnarib Gusnarib
  • Mudaimin Mudaimin

Abstract

Masalah yang tengah dihadapi lembaga pendidikan adalah sistem pendidikan yang ada sekarang ini terlalu berorientasi pada pengembangan otak kiri (kognitif) dan kurang memperhatikan pengembangan otak kanan (afektif, dan empati). Padahal, pengembangan karakter lebih berkaitan dengan optimalisai fungsi otak kanan. Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan kesinambungan yang melibatkan aspek “knowledge (pengetahuan), feeling (perasaan), loving (cinta), dan acting (tindakan). Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Sigi? Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yg digunakan Reduksi data, Display data serta Verifikasi atau penarikan Kesimpulan.  Uji keabsahan menggunakan Trianggulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Sigi, peserta didik dapat terbentuk menjadi insan yang berakhlakul karimah, mandiri, jujur, peduli sahabat, toleransi, peduli sosial, sikap demokratis, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan religius. Walaupun tidak semua peserta didik mempunyai karakter yang baik dengan adanya peraturan sekolah dan pendidik.(2) Faktor penghambat/kendala sekolah dalam upaya penerapan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sigi adalah Saraana dan prasarana yang kurang memadai/gedung yang kurang proposional, faktor lingkungan yang kurang kondusif sehingga tidak terdukungnya program kegiatan sekolah, kondisi siswa yang kurang memahami nilai-nilai karakter dan adanya pengaruh negatif dari dunia luar sehingga siswa merasakan malas dalam kegaiatan.

Published
2024-06-10