Pentingnya Investasi bagi Kalangan Mahasiswa dan Pelajar di Pasar Modal
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi dari zaman ke zaman membawa masyarakat kepada perubahan pola pikir. Dengan perkembangan teknologi, semakin mudah bagi masyarakat umum untuk mengakses berbagai macam investasi yang tersedia. Investasi adalah komponen penting dari strategi untuk mengantarkan era baru dengan membuat komitmen untuk mengorbankan sejumlah uang atau jenis jumlah hal lainnya pada saat ini dengan harapan mendapatkan imbalan yang lebih besar di kemudian hari. Mahasiswa dan pelajar memiliki potensi untuk menjadi financial specialist pasar modular karena mereka memiliki sumber daya keuangan yang relatif lebih besar dan akses terhadap informasi dan teknologi yang lebih baik. Banyak orang tidak berinvestasi di saham karena mereka malas atau tidak mau berusaha yang dikenal dengan istilah inersia, yang mempengaruhi orang-orang yang tidak memiliki literasi keuangan atau kepercayaan diri untuk berinvestasi. Pertumbuhan investor yang sangat pesat harus diimbangi dengan literasi keuangan yang baik sehingga para calon investor mengetahui bagaimana potensi dan risiko yang dapat terjadi saat berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Sumber data yang akan digunakan pada penelitian ini bersumber dari jurnal dan/atau artikel terdahulu yang sudah dipublikasi dalam rentang waktu 5 tahun terakhir. Tujuan dari investasi saham yang dilakukan oleh generasi milenial untuk memperoleh keuntungan dari hasil jual beli saham, investasi juga bertujuan untuk menyimpan sejumlah uang dalam instrumen saham untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Sebagaimana yang diharapkan bahwa akan banyak para remaja sadar akan pentingnya berinvestasi sejak dini dalam mengelola keuangannya, serta pandai dalam memilih jenis investasi yang tepat guna membantu memecahkan permasalahan ekonomi masa datang.
Copyright (c) 2024 Dawam Fahrurrozi, Sitti Nurkhaerah, Sagir M. Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.