Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peserta Didik yang Memiliki Motivasi Rendah dalam Pembelajaran
Abstract
Penyusunan ini bertujuan untuk untuk mengetahui sebarapa pengaruhnya motivasi bagi peserta didik yang memiliki memotivasi rendah dalam pembelajaran. Motivasi belajar adalah usaha untuk mencapai target yang diinginkan baik untuk peserta didik maupun guru mata pelajaran yang bersangkutan, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Yang mana pada penelitian melibatka guru dan peserta didik sebagai responden. Adapun tujuan dari motivasi adalah meningkatkan minat belajar siswa terutama yang memiliki motivasi rendah dalam pembelajaran, contohnya yaitu memberikan mereka apresiasi setiap nilai dan apreasiasi lainnya ketika mereka mengerjakan tugas-tugas dengan benar. Hasil penelitian ini diharakan memberikan konstribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa sehingga proses belajar mengajar dapat tercapai dan peserta didik mendapatkan motivasi dalam belajar. Motivasi dapat juga dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga peserta didik mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka ia akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka itu. Jadi motivasi itu dapat dirangsang oleh rangsangan dari luar, tetapi motivasi itu tumbuh dari dalam diri seseorang.
Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan pada arah kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Terdapat dua teori motivasi yaitu : motivasi fisikologis dan teori motivasi aktualisasi diri dari maslow. Upaya guru dalam meningkat belajar siswa sangatlah banyak contohnya : 1) memberi angka, 2) hadiah, 3) saingan, 4) Ego-involvement, 5) hukuman, 6) hasrat untuk belajar, 7) minat, 8) memberi ulangan, 9) memperlihatkan nilai, 10) pujian.
Copyright (c) 2024 Nur Azizah, Fatimah Saguni, Adam Adam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.