Mendeskripsikan Manajemen Mutu Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar

  • Fakhrudin Fakhrudin
  • Ubadah Ubadah
  • A. Markarma

Abstract

Jurnal ini mendiskripsikan mengenai Menejemen Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jenis penelitian yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Wakil kepala Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum memiliki peningkatan akhir secara efektif karena masih dalam proses penyesuaian. Akan tetapi  dalam proses pembelajarannya siswa mulai menunjukkan peningkatan lebih baik dengan adanya praktikum  atau  proyek  yang  diberikan  oleh  guru  siswa  bisa  lebih  aktif,  dan  pembelajaran menjadi interaktif karena siswa diberi keleluasaan untuk memenejemen sendiri kegiatan dalam menyelesaikan tugasnya. Sehingga siswa bisa memahami konsep dan pengetahuan secara lebih dalam.

Published
2024-06-10