Mendeskripsikan Manajemen Mutu Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Jurnal ini mendiskripsikan mengenai Menejemen Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jenis penelitian yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Wakil kepala Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum memiliki peningkatan akhir secara efektif karena masih dalam proses penyesuaian. Akan tetapi dalam proses pembelajarannya siswa mulai menunjukkan peningkatan lebih baik dengan adanya praktikum atau proyek yang diberikan oleh guru siswa bisa lebih aktif, dan pembelajaran menjadi interaktif karena siswa diberi keleluasaan untuk memenejemen sendiri kegiatan dalam menyelesaikan tugasnya. Sehingga siswa bisa memahami konsep dan pengetahuan secara lebih dalam.
Copyright (c) 2024 Fakhrudin Fakhrudin, Ubadah Ubadah, A. Markarma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.