Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi Pendidikan oleh Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber otoritas yang dimiliki oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi Pendidikan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), yang melibatkan telaah mendalam terhadap literatur, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa elemen utama dari landasan yuridis otoritas supervise Pendidikan yakni undang-undang dan regulasi, peraturan pelaksana, kebijakan dan pedoman, serta perjanjian kontrak. Selain itu penelitian ini menyoroti pentingnya kepemimpinaan dan kemampuan komunikasi yang efektif dalam memperkuat otoritas kepala sekolah. Penelitiann ini menyarankan perlunya ada penguatan dan peningkatan pelatihan khusus untuk kepala sekolah supaya dapat menjalankan fungsinya sebagai supervisor secara optimal.
Copyright (c) 2024 Sitti Elisa Nur, Jihan Jihan, Gusnarib Gusnarib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.