Layanan Khusus Peserta Didik sebagai Penguat Manajemen Pendidikan
Abstract
Manajemen pendidikan yang efektif membutuhkan pendekatan holistic yang tidak hanya mempertimbangkan aspek pengelolaan organisasional, tetapi juga focus pada pemberdayaan dan dukungan kepada peserta didik. Salah satu aspek kunci dalam penguatan manajemen pendidikan adalah layanan khusus untuk peserta didik, yang dirancang untuk mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh. Layanan khusus yang diberikan sekolah kepada peserta didik pada umumnya sama, tetapi proses pengelolan dan pemanfaatannya yang berbeda. Pentingnya layanan khusus peserta didik tidak hanya terletak pada pemenuhan kebutuhan individual, tetapi juga dalam konteks pembangunan kepribadian, keterampilan, dan potensi setiap peserta didik. Dalam konteks manajemen pendidikan, layanan khusus peserta didik berfungsi sebagai alat strategis untuk meningkatkan retensi siswa, mengurangi angka putus sekolah, dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Mengidentifikasi factor-faktor yang mungkin menghambat kesuksesan akademis dan mengimplementasikan langkah-langkah yang sesuai adalah langkah kunci dalam mencapai tujuan. Adapun fungsi manajemen layanan khusus meliputi: (1) perencanaan, berupa analisis kebutuhan dan penyusunan program layanan khusus; (2) pengorganisasian, berupa pembagian tugas untuk melaksanakan program layanan khusus; (3) penggerakan, berupa pengaturan dalam pelaksanaan layanan khusus, serta (4) pengawasan, berupa pemantauan program dan penilaian kinerja program layanan khusus di sekolah. Sehingga layanan khusus tersebut perlu dikelola dengan proses manajemen yang efektif agar dapat memperkuat proses manajemen pendidikan, khususnya pada level sekolah.
Copyright (c) 2024 Lathifah Lathifah, Azma Azma, Mohamad Idhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.