Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Budaya Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma dan Solusi dalam Menghadapi Era Society 5.0
Abstract
Pendidikan Islam mendorong generasi untuk bertransformasi dan mewujudkan seluruh potensi dirinya dalam menunaikan tugas sebagai abid dan khalifah dengan rasa tanggung jawab. Dengan kepribadian yang kuat dan keterikatan terhadap ilmu yang lahir dari pendidikan Islam, maka sosial masyarakat akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan zaman. Pendidikan Islam adalah mengenalkan peserta didik pada Islam Kafa’i yang otentik, tidak serta merta menafikan budaya dan tradisi lokal, namun mempertimbangkan dan menjustifikasi kearifan lokal yang dianggap sejalan dengan ajaran Islam. Pendidikan Islam berwawasan global juga mengajarkan etos kerja yang berlandaskan nilai-nilai Islam dalam inovasi teknologi. Mereka diajarkan untuk menjaga keadilan, kebenaran, efisiensi dan kesederhanaan dalam perkembangan teknologi dan penerapannya untuk kemaslahatan umat manusia. Pendidikan agama Islam berwawasan global juga berkontribusi dalam memperkuat pemahaman beragama dan kerukunan umat beragama. Mengintegrasikan Pendidikan agama Islam ke dalam budaya lokal merupakan suatu pendekatan pendidikan yang menitikberatkan pada penyesuaian ajaran Islam dengan konteks budaya masyarakat setempat. Tujuan sintesis ini adalah untuk menciptakan pemahaman agama yang lebih komprehensif, relevan, dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang berfokus pada analisis data deskriptif dari berbagai dokumen. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini didasarkan pada penelitian literatur dan kepustakaan. Peneliti membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber dokumenter yang berkaitan dengan masalah yang ditelitinya. Metode penelitian perpustakaan atau pendekatan bibliografi yang digunakan seperti Rahayu yang dijelaskan oleh Urfa, Supriani, dan Arifuddin, 2022.
Copyright (c) 2024 Irzan Irzan, Askar Askar, Adawiyah Pettalongi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.