Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Google Bard dalam Perencanaan Pembelajaran Fisika

  • Hartati Hartati
  • Mohammad Djamil M. Nur

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan pendidik alternatif solusi terhadap masalah yang sering mereka hadapi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran maupun instrumen penilaian. Masalah yang sering muncul adalah perencanaan pembelajaran yang tidak kontekstual, hanya menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah ada di internet, dikarenakan kurangnya waktu dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran. Hal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan Google Bard Artificial Intelligence. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pustaka, peneliti mengumpulkan data tentang Google Bard Artificial Intelligence kemudian menganalisis dengan dua prompt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Bard Artificial Intelligence dapat menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen penilaian kurang dari 10 menit. Prompt pertama hanya membutuhkan waktu sekitar 5.18 menit, sedangkan prompt kedua membutuhkan waktu 2.08 menit. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Bard Artificial Intelligence sangat efektif dalam perencanaan pembelajaran.

Published
2024-06-10