Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Interpersonal dengan Etos Kerja Guru PAI di Kabupaten Banggai
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai, (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecerdasan interpersonal dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai sejumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sejumlah 89 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan disain korelasional. Variabel yang diteliti adalah kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan interpersonal (X2) sebagai variabel bebas, dan etos kerja Guru PAI (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi, product moment, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai.
Copyright (c) 2024 Kartini Kartini, Fatimah Saguni, Dzakiah Dzakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.