Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Interpersonal dengan Etos Kerja Guru PAI di Kabupaten Banggai

  • Kartini Kartini
  • Fatimah Saguni
  • Dzakiah Dzakiah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan  kecerdasan emosional dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai, (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan  kecerdasan interpersonal dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecerdasan emosional dan  kecerdasan interpersonal secara bersama-sama dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Banggai sejumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sejumlah 89 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan disain korelasional. Variabel yang diteliti adalah kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan interpersonal (X2) sebagai variabel bebas, dan etos kerja Guru PAI (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi, product moment, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai, dan (3) terdapat hubungan positif  dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan  interpersonal secara bersama-sama dengan etos kerja Guru PAI di SMA/MA dan SMP/MTs Se-Kabupaten Banggai.

Published
2024-06-10