Strategi Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
Abstract
Penguatan pendidikan bagi guru di lembaga pendidikan harus di laksanakan dengan standar yang baik agar mendapatkan guru yang professional, sehingga guru benar-benar memahami terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban. Agar mudah memahami tentang guru yang profesional, terdapat dua rumusan masalah, yakni apa yang dimaksud dengan guru PAI sebagai tenaga profesional? Dan bagaimana strategi dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI? , tahapan penelitian dilaksanakan dengan menghimpun sumber kepustakaan, baik primer maupun sekunder. Penelitian ini melakukan klasifikasi data berdasarkan pendekatan penelitian kualitatif. Guru PAI adalah pendidik profesional yang memiliki tugas memberi pemahaman materi agama Islam kepada peserta didik secara khusus dan masyarakat secara umum. Guru PAI memiliki dua tugas yaitu tugas sebagai pendidik dan pengajar di sekolah dan juga memiliki tugas memberikan pemahaman materi agama Islam sehingga terwujudnya pemahaman dan praktik agama Islam yang moderat.
Strategi peningkatan profesionalitas guru PAI adalah dengan mengembangkan kompetensi yang dimiliki guru PAI yang terdiri dari kompetensi pedagogis, teknik Informasi, kepribadian, dan sosial. Selain itu dengan menguasai struktur dan materi kurikulum bidang studi, menguasai substansi bidang studi dan metodologi keilmuan, menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, dan meningkatkan penelitian tindakan kelas dapat membantu meningkatkan profesionalitas guru PAI.
Copyright (c) 2024 Arif Hidayat, Adawiyah Pettalongi, Andi Anirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.