Integrasi Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bermuatan Multikultural Guna Membentuk Karakter Berbasis Nilai Pancasila
Abstract
Indonesia merupakan sebuah Negeri tempat tumbuh suburnya masyarakat majemuk dengan beragam kebudayaan yang dipelihara dan dijaga oleh masyarakatnya. Keberagaman bangsa Indonesia adalah anugerah dari Allah SWT yang perlu disyukuri oleh rakyatnya. Terdapat beragam budaya, suku, agama yang diakui, adat istiadat, dan bahasa yang beraneka macam di Indonesia. Berangkat dari keragamaan kebudayaan yang sedemikian tersebut, maka terbentuk sebuah motto Bhinneka Tunggal Ika yang artinya beragam namun menyatu dalam satu ikatan. Maka diperlukan nilai-nilai yang mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari agar kehidupan bisa berlangsung dengan baik, salah satu jalan untuk mendapatkan nilai-nilai itu adalah di bangku sekolah dalam proses pendidikan formal, integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan salah satu alternatif solusi yang tidak dapat dihindari. Olehnhya itu bagaimana Pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama merupakan pendidikan yang memberikan peluang yang sama pada seluruh anak bangsa tanpa membedakan perlakuan karena perbedaan perbedaan etnik, budaya, dan agama serta menghendaki penghormatan dan penghargaan manusia setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia dari manapun latar belakang budayanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekata deskriptif kualitatif yang akan mengungkapkan kejadian di lapangan. Dalam konteks Indonesia yang sarat dengan kemajemukan, pelaksanaan integrasi ini memiliki peran yang sangat strategis untuk dapat mengelola kemajemukan tersebut secara kreatif. Salah satu tawarannya adalah dengan melalui pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural yang menghasilkan karakter serta moral berkesesuaian dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila di bidang pendidikan yakni di lingkungan sekolah, dalam proses belajar-mengajar baik di dalam maupun di luar kelas.
Copyright (c) 2024 Asril Asril, Askar Askar, Ubadah Ubadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.