Umpan Balik dan Tindak Lanjut dalam Penilaian Formatif pada Proses Pembelajaran di SMP Al-Azhar Mandiri Palu
Abstract
Penilaian formatif dan pemberian umpan balik yang dilakukan oleh guru PAI terbukti meningkatkan kompetensi peserta didik pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penerapan penilaian formatif dalam kurikulum merdeka lebih meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan kecakapan pada ketiga aspek kompetensi yang berbasis penguasaan teknologi dibanding di kurikulum K13. Namun, guru merasakan penilaian formatif di kurikulum K13 lebih rinci dan lebih efektif sebab instrumen dan format penilaiannya lebih fokus pada masing-masing aspek kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan dibanding kurikulum merdeka yang penilaiannya tidak ada pemisahan diantara ketiga aspek tersebut. Penelitian tulisan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan data dikumpul dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implikasi dari penelitian ini adalah Guru PAI hendaknya banyak memberikan ruang untuk peserta didik untuk memberikan umpan balik kepadanya dan umpan balik antar peserta didik sebagai refleksi proses pembelajaran yang telah dilakukannya.
Copyright (c) 2024 Erniati Erniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.