Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Supervisi Pendidikan di Era Revolusi 5.0

  • Jumardin Jumardin
  • Lukman S. Thahir
  • Erniati Erniati

Abstract

Pengertian kepala sekolah dapat diartikan „Ketua atau „Pemimpin‟ dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Dengan demikian pengertian kepala sekolah dapat didefinisikan: “seorang tenaga professional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar.

Era society 5.0 merupakan penyelesaian dari keresahan masyarakat terhadap era revolusi industri 4.0 mengenai teknologi yang semakin akan menggantikan tenaga manusia yang mengakibatkan mengurangi lapangan pekerjaan, Era society 5.0 ini sangat diharapkan untuk dapat mengurangi kesenjangan yang terjadi antara masyarakat dengan masalah ekonomi di 10 tahun kedepan atau bahkan lebih.

Pada penulisan artikel ini, peneliti menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur atau bahan-bahan materi yang bersumber dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan supervisi pendidikan dengan teknologi..

Generasi unggul di era society 5.0 harus memiliki beberapa kompetensi sebagaiberikut: 1) memiliki kecerdasan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki; 2) mampu berpikir jernih dan kritis; 3) memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik; 4)memiliki kemampuan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab; 5) siapuntuk bekerja; 6) rasa tanggung jawab akan lingkungan; 7) memiliki rasa toleransiterhadap perbedaan; 8) memiliki minat yang luas terhadap kehidupan; dan 9) memilikikemampuan untuk menjadi masyarakat yang mengglobal.

kebijakan strategis untuk mendukung terselenggaranya layanan pendidikan nasional yang unggul untuk membentuk manusia Indonesia cerdas yang menyeluruh. Beberapa meningkatkan infrastruktur sekolah, (2) meningkatkan SDM dan sumber belajar bagiguru, serta (3) meningkatkan kompetensi pimpinan sekolah dan pengawas sekolah.Dengan pengertian lain bahwa kegiatan pengawasan pembelajaran harus mampumembuka ruang kreativitas belajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.Pengawasan berbasis TI berfungsi sebagai alat pengawas untuk mengolah data informasiyang diperoleh dalam melakukan teknik pengawasan.

Published
2024-06-10