IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMP (STUDI KASUS SMPN SATAP 6 BALAESANG TANJUNG)
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi nilai-nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) SMPN Satap 6 Balesang Tanjung sebagai salah satu Sekolah yang ada disalah satu wilayah terpencil di kabupaten Donggala.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi moderasi beragama pada siswa SMP sebagai upaya untuk mempromosikan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan pemahaman yang lebih baik tentang agama-agama yang berbeda di kalangan siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi moderasi beragama pada siswa SMP melibatkan beberapa komponen kunci, termasuk kurikulum yang mencakup pelajaran agama-agama yang berbeda, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung dialog antaragama, serta pelatihan guru untuk mengajar dengan pendekatan yang inklusif. Selain itu, peran orang tua dalam mendukung moderasi beragama juga terbukti penting.
Copyright (c) 2023 Rahmawati Rahmawati, Mohamad Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.