Analisis Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Khalifah Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari aspek teknologi komputer, teknologi multimedia, teknologi komunikasi dan teknologi jaringan komputer, kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam dan luar kelas dalam proses pembelajaran dan sejauh mana guru menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media dan sumber pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan kuesioner kemudian diolah dengan uji statistik validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5%. Selanjutnya proses analisis menggunakan pendekatan teknik frekuensi ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mengimplementasian teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Khalifah Palu tergolong baik dengan nilai rata-rata dari ketiga aspek adalah 70,37%.
Copyright (c) 2022 Muhammad Qaidin Syahputra, Rosmayanti Rosmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.