Merumuskan Visi, Misi, Penetapan Tujuan dan Sasaran Pendidikan Islam

  • Sulistiyawati Latimbang
  • Sagaf S. Pettalongi
  • Fatimah Saguni

Abstract

Pendidikan Islam ditujukan untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan dari pribadi manusia secara menyeluruh melalui Latihan kejiwaan, akal, pikiran, kecerdasan, perasaan, dan pancaindra. Oleh karen itu pendidikan Islam harus mengembangkan seluruh aspek kehidupan manusia baik spiritual, intelektual, imajinasi (fantasi), jasmaniah, keilmuan, Bahasa, baik secara individual maupun kelompok, serta mendorong aspek aspek itu kearah kebaikan dan pencapaian kesempurnaan hidup.

Visi yaitu tujuan jangka panjang, cita-cita masa depan, keinginan besar yang hendak diwujudkan, angan-angan, khayalan, dan impian ideal tentang sesuatu yang hendak diwujudkan. Visi ialah jawaban dari pertanyaan: kita ingin menjadi apa? Seorang anak sekolah taman kanak-kanak misalnya ditanya oleh orang tuanya: “kamu jika sudah besar ingin jadi apa ?” Anak TK tersebut ada yang menjawab: ingin jadi presiden, pilot, pemimpin dunia, dokter gigi, penyanyi terkenal, insinyur, dan sebagainya. Berbagai keinginan anak TK tersebut merupakan visi bagi mereka, karena berisikan cita-cita dan keinginan yang ingin diwujudkan dimasa depan.

Tujuan pendidikan secara umum ada dua pandangan teoretis. Pertama, yang berorientasi masyarakat, menurut pandanagan ini menganggap bahwa pendidikan itu sarana utama dalam menciptakan rakyat yang baik, baik untuk sistem pemerintahan demokratis, oligarkis, maupun monarkis. Kedua, pandangan pendidikan yang berorientasi individual, yang terbagi pula kepada dua, pertama: bahwa tujuan utama pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik agar bisa meraih kebahagiaan yang optimal melalui pencapaian kesuksesan kehidupan bermasyarakat dan ekonomi, jauh lebih berhasil dari apa yang dicapai orang tua mereka. Dengan kata lain, pendidikan adalah jenjang mobilitas social-ekonomi suatu masyarakat tertentu. Kedua, lebih menekankan peningkatan intelektual, kekayaan, dan keseimbangan jiwa peserta didik.

Published
2022-08-05