Upaya Guru Kelas dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS di MIN 1 Parigi
Abstract
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Upaya Guru Kelas Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperatif Leraning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips pada peserta Didik Di Kelas V MIN 1 PARIGI. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru Kelas Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperatif Leraning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips pada peserta Didik Di Kelas V MIN 1 PARIGI. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, tehnik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Pokok permasalahan tersebut dibahas dan dijelaskan dengan metode kualitatif yang bersumber dari field research (penelitian lapangan) serta tekhnik pengumpulan data yang diperoleh dianalisis berdasarkan objek penelitian lapangan. Selanjutnya analisis lapangan yang dimaksud adalah bersifat induktif guna mengetahui penelitian secara umum maupun secara Khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Upaya Guru Kelas Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperatif Leraning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS pada peserta Didik Di Kelas V MIN 1 PARIGI sudah efektif, dan sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah mulai dari jarak tempat tinggal ke sekolah11/2 km, nilai hasil prestasi Belajar. (2). faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru Kelas Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperatif Leraning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips pada peserta Didik Di Kelas V MIN 1 PARIGI . Faktor pendukung yaitu Memudahkan Peserta Didik melakukan penyesuaian sosial. Sedangkan Faktor penghambat yaitu para Guru khawatir bahwa akan terjadi kekacauan di kelas.
Copyright (c) 2022 Muhammad Rizal Efendi, Hamka Hamka, Adam Adam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.