Analisis Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Pola Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo Kabupaten Sigi
Abstract
Pondok pesantren adalah tempat berlangsungnya proses pendidikan sekaligus merupakan wadah untuk melanjutkan pendidikan anak dari lingkungan keluarga. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan yang merupakan kewajiban setiap pondok pesantren sebagai wadah pendidikan formal yang terletak pada proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ada tiga, yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu; reduksi data, verifikasi data dan penyajian data. Uji kredibilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu untuk mengecek keabsahan data agar dapat dipertanggungjawabkan.
Pondok Pesantren Alkhairaat Kampus Madinatul Ilmi Dolo keberadaannya dan tujuan utama adalah langka antisipasi menanggulangi kesenjangan dan kelangkaan ulama serta kader pemimpin Islam dengan kapasitas keulamaan tataran menengah, khususnya sebagai kader siap pakai di tingkat regional seperti tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Pedesaan. Padahal seperti diketahui posisi kapasitas ulama dan kader pemimpin semacam ini sangat sentral dan strategis dewasa ini dalam ruang lingkup kehidupan sosial kemasyarakatan sebagai suatu patron sosok kehidupan atau figur panutan dalam masyarakat lapisan menengah ke bawah.
Dengan itu keberadan Pondok Pesantren Alkhairaat kampus Madinatul Ilmi Dolo dengan tujuan dan targetnya yang jelas ini, seyogianya perlu diinformasikan secara luas kepada semua pihak agar ada rasa keterpanggilan dan kepedulian untuk menempatkan kehadiran dan kebutuhannya sebagai keperluan kita bersama, tidak diletakkan hanya pada satu pihak sebagai yang paling bertanggung jawab yang pada hakekatnya pengelola pondok adalah hanya sekedar pengemban amanat dan kita bersama adalah pemilik dan penanggungjawab atas eksistensi keberadaannya.
Copyright (c) 2022 Mega Ria, Sagaf S. Pettalongi, Rusdin Rusdin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.