Tantangan dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

  • Ali Rahman Taraju
  • Nurdin Nurdin
  • Adawiyah Pettalongi

Abstract

Artikel yang mengkaji tentang tantangan dan strategi guru dalam menghadapi era industry 4.0. Kajian ini dilakukan guna memberikan indormasi kepada pembaca terkait tantangan yang dihadapi para guru di era revolusi industri 4.0 dan juga strategi para guru dalam menghadapi era industri 4.0 tersebut. Era industri 4.0 sangat kompleks yang mempengaruhi semua disiplin ilmu, industri, ekonomi, politik dan pendidikan. Apalagi kemajuan teknologi inovasi itu sendiri melibatkan sistem cyber fisik di luar otomatisasi dan komputerisasi belaka. Sehingga era revolusi industri 4.0 kini menjelma menjadi buah peluang dan juga tantangan bagi guru dan dunia pendidikan. Tulisan ini mengunakan pendekatan kepustakaan dimana datanya bersumber dari berbagai literatur baik dari sumber online maupun literatur cetak. Penelitian ini menemukan bahwa guru didalam era industry 4.0 sekarang ini memiliki banyak peluang dan juga tantangan dalam meaksanakan tugas-tugas mengajar mereka. Peluangnya yaitu guru dapat menggunakan banyak jenis teknologi informasi dalam pembelajaran mereka. Sementara tantangannya yaitu guru harus meningkatkan kemampuan teknologi mereka guna menghadapi tuntutan pekerjaan yang berbasis teknologi seperti pembelajaran daring dan manajemen nilai data siswa yang berbasis komputer. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan yaitu berpikir kritis, tanggung jawab sosial, kemampuan membangun jaringan, kedisiplinan waktu dan aturan serta kecakapan, keterampilan era 4.0.

Published
2022-08-05