Pengaruh Kode Etik Guru Terhadap Perilaku Kerja Tenaga Pendidik
Abstract
Tenaga pendidik (guru) adalah sosok yang sangat dibutuhkan perananya dalam dunia pendidikan. Guru diharapkan tidak hanya mentrasfer ilmu pengetahuan saja, melainkan mampu mendidik dan mengarahkan perkembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kepribadian yang mencerminkan seorang guru yang pantas untuk diteladani, Menampilkan prilaku yang positif dalam tugas dan tanggung jawabnya, didasari oleh kode etik guru sebagai acuan/pedoman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kode etik guru terhadap perilaku kerja tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), yakni dengan mengumpulkan bahan-bahan baik dari buku maupun jurnal yang mendukung penelitian ini. Prilaku kerja guru merupakan reaksi yang timbul dari dalam diri dan lingkungan tempat ia bekerja. Selain itu, Perilaku kerja merupakan hasil dari kepribadian individu dan menjadi sebuah karakter yang akan menentukan bagaimana kualitas prilakunya dalam bekerja. Prilaku kerja guru dipengaruhi oleh faktor dari individu dan lingkungan yang terdiri atas lingkungan kerja dan lingkungan non kerja. Indikator prilaku kerja guru antara lain orientasi pelayanan atau ramah dalam pelayanan, profesionalisme, kerjasama tim, kehadiran/disiplin. Kode etik guru merupakan landasan moral dan pedoman tingkah laku bagi guru dalam menjalani pekerjaannya berkaitan dengan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, dan mengarahkan peserta didik. Kode etik memuat hal berkaitan dengan guru hubungannya dengan siswa maupun guru hubungannya dengan sesame guru. Dalam beberapa literatur menjelaskan, bahwa kode etik guru bertujuan sebagai pedoman tingkah laku atau sebagai pengontrol bagi guru dalam menjalankan profesinya. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kode etik guru berpengaruh terhadap perilaku kerja tenaga pendidik.
Copyright (c) 2022 Alamsyah Alamsyah, Adawiyah Pettalongi, Sitti Hasnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.