Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di TPQ Nurul Falah Desa Trimulya Kec. Poso Pesisir utara, Kab. Poso
Abstract
Tulisan ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural di taman pendidikan Alquran (TPQ) Nurul Falah Desa Trimulya, Kec. Poso Pesisir Utara, Kab. Poso. Latar belakang penelitian ini adalah dengan karekteristik santri di TPQ Nurul Falah yang cukup beragam baik dari latar belakang, budaya, ras, dan kemampuan. Dengan keberagaman tersebut, tak dapat di pungkiri masih sering terjadi diskriminasi baik dalam hal hubungan antar santri maupun guru dan santri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Internalisasi nilai-nilai multikultural di taman Pendidikan Alquran (TPQ) Nurul Falah. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Serta keabsahan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawamcara dan dukumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis induktif, yaitu analisis yang bertolak dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukan bahwa nilai-nilai multikultural yang banyak di tanamkan di taman pendidikan Alquran (TPQ) Nurul Falah adalah toleransi, tolong menolong, persamaan dan persaudaraan, keadilan dan keterbukaan. Dengan internaliasi nilai-nilai Pendidikan multikultural tersebut diharapkan mampu menumbuhkan akhlak yang baik serta menumbuhkan pemahaman multikultur yakni mampu menghargai dan menghormati setiap berbedaan yang ada di dalam kehidupan.
Copyright (c) 2022 Dedi Haryanto, Nurdin Nurdin, Ubadah Ubadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.