Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (Tkit) Al Fatih Kota Palu

  • Olvianty Olvianty
  • Fatimah Saguni
  • Hamlan Hamlan

Abstract

Pendidikan dewasa ini sudah mulai dititikberatkan pada anak usia dini. Anak-anak usia dini yang berada pada kisaran usia empat sampai enam tahun duduk pada bangku sekolah taman kanak-kanak. Anak usia dini yang bersekolah pada jenjang taman kanak-kanak adalah anak-anak yang dalam segala hal masih diwakilkan orang tua aspek-aspek pembelajarannya. Mulai dari aspek sosial, moral agama, kognitif, sampai pada aspek emosional anak. Sehingga ketika melakukan pembelajaran di luar lingkungan rumah, maka antara pendidik sekolah (guru) dan pendidik rumah (orang tua) harus menjalankan peran yang selaras dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, keterlibatan orang tua secara penuh pada sistem pembelajaran anak di jenjang pendidikan usia dininya. Keselarasan mendidik antara sekolah dan orang tua diharapkan dapat membentuk generasi yang tidak ambigu. Hal yang sangat penting dalam pembangunan karakter anak di masa depan, terutama dalam tujuan membentuk anak menjadi pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kurikulum di jenjang taman kanak-kanak sesuai tujuan pendidikan anak usia dini serta menelaah tingkat kesulitan atau kendala dalam menerapkan kurikulum yang dikembangkan. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah mengetahui bagaimana manajemen pengembangan kurikulum yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasar studi kasus.

Published
2022-08-04