Supervisi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Mengajar Guru Pai Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu
Abstract
Pelaksanaan proses pendidikan di setiap madrasah, dipimpin oleh seorang kepala madrasah yang merupakan titik puncak dan memiliki posisi paling sentral dalam lingkungan madrasah. Keberhasilan atau kegagalan kinerja suatu madrasah banyak bergantung pada kualitas kepemimpinan kepala madrasah. Wahjosumidjo menyatakan bahwa kepala madrasah harus berusaha menanamkan, memajukan dan meningkatkan minimal empat macam nilai, yakni pembinaan mental, moral, fisik, dan artistik. Tugas kepala madrasah sebagai supervisi harus memiliki kemampuan dalam memadukan informasi yang telah didapatkan sebagai sarana untuk menyusun strategi maupun langkahlangkah jitu dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Selain itu kepala madrasah haruslah memahami komponen dan sistem kerja baik tugas dan fungsi pokok dirinya sebagai pemimpin di sekolah maupun tugas dan fungsi pokok guru-guru yang berada dibawah komandonya, sehingga programprogram yang akan dicapai sudah memiliki pedoman dan penanggung masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsi pokok tersebut sehingga proses pengaplikasian kompetensi profesional dapat berjalan dengan baik
Copyright (c) 2022 Nurul Aulya Rahmah, Sagaf S. Pettalongi, Rustina Rustina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.