Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tantangan dan upaya seorang guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) serta dengan menggunakan pendekatan hermeneutic. Artikel ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya: tantangan yang akan di hadapi oleh guru pendidikan islam, diantaranya: Potensi individualitas yang tinggi, Adu kecepatan, Kepiawaian dalam IT, Kemampuan dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dan munculnya pemahaman ganda. Disamping itu pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk masalah kualifikasi guru diantaranya dengan tugas belajar dan izin belajar serta bantuan belajar bagi guru. Namun karena penyebarannya tidak merata dan tidak adanya pengawasan yang ketat, maka kebijakan itu hanya berlaku bagi guru-guru yang berusia muda sementara guru-guru yang sudah tidak muda lagi hanya bisa bertahan hingga menunggu pensiun dengan kualitas seadanya.
Copyright (c) 2022 Ahmad Saiful Bahrurruzi, Ubadah Ubadah, Sitti Hasnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.