Analisis Manajemen Berbasis Mutu Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu
Abstract
Manajemen pendidikan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan harus dilaksanakan berdasarkan kajian mendalam serta rumusan cermat, terukur, terintegrasi serta akuntabel atau dikenal dengan Manajemen Mutu atau Total Quality Management (TQM). Madrasah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan dan basis peningkatan mutu pendidikan Islam, perlu menerapkan pola manajemen pendidikan yang terintegrasi dengan melibatkan dan memberdayakan semua sumber daya secara menyeluruh yang dimiliki sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi yang unggul dan berdaya saing tinggi. Dengan demikian, diharapkan madrasah dapat menjadi pilihan sekolah utama saat penerimaan peserta didik baru.
Berkenaan dengan hal tersebut, maka pokok masalah dalam tesis ini bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis mutu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu? Bagaimana kontribusi manajemen berbasis mutu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu dalam meningkatkan kualitas output/lulusan? dan apa hambatan dan peluang pelaksanaan manajemen mutu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa Observasi (pengamatan), Interview (wawancara) dan studi Dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Berbasis Mutu yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang meliputi Manajemen Akademik, Kesiswaan, Sarana Prasarana, Keasramaan, serta Keuangan. Manajemen Berbasis Mutu diterapkan dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra) yang berlaku selama 1 (satu) periode 4 (empat) tahun,; Kontribusi Manajemen Berbasis Mutu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu dilaksanakan secara Akademik dan Non Akademik, termasuk kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dalam Memorandum of Understanding (MoU) terkait penerimaan calon mahasiswa baru jalur prestasi lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu; tersedianya anggaran dan sarana prasarana yang diprogramkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia menjadi peluang pelaksanaan Manajemen berbasis Mutu di MAN Insan Cendekia Kota Palu namun yang menjadi hambatan yaitu menurunnya hafalan lulusan dari target yang ditetapkan yaitu 3 juz selain itu tidak tersedianya pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)
Copyright (c) 2022 Karimah Novianti, Sagaf S. Pettalongi, Ahmad Syahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.