Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Palu

  • Zulkifli Toonau
  • Dzakiah Dzakiah
  • Firdiansyah Alhabsyi

Abstract

Artikel ini membahas tentang “Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Negeri 4 Palu” dengan rumusan masalah, 1. Bagaimana bentuk pengembangan materi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palu? 2. Bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kemampuan berpikir kritis di SMA Negeri 4 Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan materi pembelajaran yang berbasis kemampuan berpikir kritis yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palu yaitu, menggunakan pola inquiri atau pengembangan materi yang mengarah pada proses penemuan masalah. Dalam melakukan pengembangan materi, guru terlebih dahulu harus menentukan materi pembelajaran yang mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar. Kemudian langkah selanjutnya guru melakukan pengembangan materi pembelajaran yang meliputi: merumuskan masalah, menyusun hipotesis/jawaban sementara, mengumpulkan data, pengujian hipotesis dan perumusan kesimpulan. Adapun hasil belajar peserta didik  pada pembelajaran pendidikan agama Islam yang berbasis kemampuan berpikir kritis di kelas XI di SMA Negeri 4 Palu mengalami peningkatan dengan baik, dibandingkan sebelumnya. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan penilaian secara langsung pada proses pembelajaran dan penilaian terhadap tugas yang diberikan diakhir pembelajaran. Kesimpulan bahwa bentuk pengembangan materi pembelajaran PAI berbasis kemampuan berpikir kritis yang diterapkan di SMA Negeri 4 Palu yaitu inquri atau penyusunan materi yang mengarah pada penemuan masalah. Kemudian hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pada sebelumnya, dengan membandingkan perolehan nilai rata-rata yang diperoleh. Implikasi penelitian ini ditujukan untuk pihak dinas pendidikan yaitu agar dapat menerapkan pengembangan materi pembelajaran PAI yang berbasis kemampuan berpikir kritis pada setiap sekolah khususnya sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 agar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran dan mampu memberikan perubahan sikap dan prestasi peserta didik.

Published
2022-08-03