Implementasi Model Pembelajaran Amora Materi Hukum Gerak Newton Berbantukan Alat Peraga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran AMORA untuk melihat hasil pemahaman peserta didik materi Hukum Gerak Newton pada sekolah dasar. Penelitian ini berbantukan alat peraga yang terdiri dari tiga jenis yang mewakili Hukum Newton I, II dan III. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan LKPD kemudian diolah dengan analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk memperoleh nilai Max, Min dan nilai rerata peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap Hukum Newton I memiliki nilai maksimal 90 dan nilai minimal 77. Selanjutnya, pemahaman siswa terhadap Hukum Newton II memiliki nilai maksimal 90 dan nilai minimal 74. Sedangkan untuk Hukum Newton III memiliki nilai maksimal 89 dan nilai minimal 74. Niali rerata keseluruhan dari ketiga penilaian tersebut adalah 81,82 yang tergolong dalam kategori Baik.
Copyright (c) 2022 MUHAMMAD QAIDIN SYAHPUTRA, ROSMAYANTI ROSMAYANTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.